Jumat, 24 Agustus 2012

Legenda MotoGP



1. Giacomo Agustini

Giacomo Agostini lahir di Brescia pada tanggal 16 Juni 1942. Ago adalah pemegang rekor juara dunia GP 500cc terbanyak 8 kali, yaitu pada tahun 1966, 1967, 1968, 1969, 1970, 1971, 1972 dengan motor Italia, MV Agusta dan terakhir tahun 1975 dengan mengendarai motor Yamaha. Total ia memenangi 122 seri Grandprix dan 15 gelar juara dunia di semua kelas.



2. Mick Doohan
Michael "Mick" Doohan (lahir 4 Juni 1965; umur 47 tahun) adalah seorang pembalap asal Australia yang memiliki nama besar di dunia balap motor. Dia adalah pembalap yang memiliki rekor juara dunia GP 500cc dengan motor NSR 500 sebanyak lima kali pada tahun 1994, 1995, 1996, 1997, 1998. Kariernya terhenti akibat kecelakaan dahsyat di sirkuit Jerez, Spanyol pada tahun 1999, setelah absen dari balapan ia tetap berkecimpung dalam dunia balap. Ia pernah menjabat sebagai penasehat tim yang sebelumnya pernah dibelanya, tim HRC (Honda Racing Company). Pada tahun 2000, ia bersama mantan mekaniknya Jerremy Burgess membentuk tim Nasstro Azzuro Honda menangani pembalap Italia yang baru saja pindah ke kelas 500cc, Valentino Rossi.
Michael "Mick" Doohan
Mick Doohan 1990 Japanese GP.jpg
Doohan diatas Honda NSR500
KebangsaanAustralia
Lahir04 Juni 1965 (umur 47)
[sembunyikan]Statistik karier
Grand Prix Sepeda Motor
Tahun aktif1989 - 1999
Balapan pertamaGrand Prix Jepang 500 cc 1989
Balapan terakhirGrand Prix Jepang 500 cc 1999
Menang pertamaGrand Prix Hongaria 500 cc 1990
Menang terakhirGrand Prix Argentina 500 cc1998
TimHonda
Juara dunia500cc- 1994199519961997,1998
StartMenangPodiumPoleF. lapPoin
117549558462283

3. Geoff Duke

Geoffrey Duke, pembalap kelahiran Inggris 29 Maret 1923 ini meraih gelar juara dunia GP 500, pada tahun 1951 (satu tahun setelah debutnya pada tahun 1950), 1953, 1954, dan 1955. Selama kariernya di GP 500, ia merebut kemenangan sebanyak 22 seri, ia juga memenangi GP 350cc sebanyak 11 seri. Juara dunia pertamanya direbut bersama Norton, sedangkan tiga gelar sesudahnya, 1953, 1954, 1955 direbutnya bersama pabrikan asal Italia, Gilera. Ia juga pembalap pertama yang mampu meraih gelar juara dunia secara berturut-turut.

[sunting]Prestasi

  • 1950 Debut GP 500 dan meraih peringkat 3 dunia dengan motor Norton, sekaligus runner up GP 350cc
  • 1951 Juara dunia GP 500cc dan GP 350cc dengan motor Norton
  • 1952 Juara dunia GP 350cc dengan motor Norton
  • 1953 Juara dunia GP 500cc dengan motor Gilera
  • 1954 Juara dunia GP 500cc dengan motor Gilera
  • 1955 Juara dunia GP 500cc dengan motor Gilera
  • 1956 Membalap di GP 500cc, Duke dilarang tampil di dua seri pembuka GP karena ikut serta dalam aksi menuntut bayaran yang lebih baik bagi pembalap privateer
  • 1957 Terpaksa melewatkan 6 seri GP 500 karena cedera
  • 1958 Pindah ke BMW di GP 500, membela Norton di GP 350cc. Berada di peringkat ketiga di kedua kelas tersebut
  • 1959 Peringkat 4 GP 350cc dan peringkat 5 GP 500cc bersama Norton, musim ini menjadi musim terakhir Duke di kejuaraan GP.karena mengalami cedera
Geoff Duke




4. Wayne Gardner

Gardner memulai karir balapnya pada tahun 1977 pada usia 18, mengendarai kedua tangan Yamaha TZ250 sepeda di kejuaraan Australia dan finishing kedua pada debut di Amaroo Park. Dia melanjutkan untuk mencatat kemenangan pertamanya beberapa minggu kemudian di Oran Park Raceway. Ia memenangkan balapan pertamanya 500 cc di sirkuit Jarama di Spanyol pada tahun 1986, Dunia 500 cc Kejuaraan in1987 dan Australia perdana Grand Prix di Phillip Island pada tahun 1989 . Untuk seluruh karirnya Grand Prix, Gardner berlari untuk Rothmans Honda tim dan bergabung dalam tim itu oleh Doohan AustralianMichael rekan pada tahun 1989. Gardner juga memenangkan empat balapan Suzuka 8 Jam tahun 1985, 1986, 1991 dan 1992. 

Gardner pensiun dari balap motor setelah musim 1992 tetapi tetap terlibat dengan olahraga, membantu berbagai pengendara seperti Daryl Beattie di awal karir mereka. Dia naik di acara-acara khusus seperti theGoodwood Festival of Speed ​​pada sepeda motor Honda klasik dan berlari lagi di pertemuan balap Goodwood terhadap sesama bikers James Whitham, Barry Sheene akhir dan mantan pembalap Formula Satu Damon Hill.



Position12345678910
Points1512108654321
Points system from 1988 to 1992:
Position123456789101112131415
Points201715131110987654321
(key) (Races in bold indicate pole position; races in italics indicate fastest lap)



5. Mike Hailwood
Mike Hailwood lahir di Langsmeade House, Great Milton di Oxfordshire, Ayahnya, yang juga berlari di era pra-Dunia II Perang, adalah dealer sepeda motor yang sukses dan dengan demikian, Hailwood memiliki pendidikan yang nyaman [1] Ia belajar naik. di usia muda pada sepeda mini bermotornya sebagai seorang anak kecil di lapangan di dekat rumahnya [1]. Ia dididik di Pangbourne College, tetapi meninggalkan awal dan bekerja untuk waktu yang singkat dalam bisnis keluarga sebelum ayahnya mengirim dia untuk bekerja di Triumph sepeda motor [2]. Ia menikah Pauline Barbara Nash pada tanggal 11 Juni 1975 dan memiliki seorang putra dan seorang putri.

Motorcycle racing career

Hailwood pertama berlari pada tanggal 22 April 1957, di Oulton Park. Nyaris 17, ia selesai di tempat 11, namun segera memposting hasil yang sukses [1] Pada tahun 1958, ia bekerja sama dengan Dan Shorey untuk memenangkan Thruxton 500 lomba ketahanan.. Pada tahun 1961, Hailwood berpacu untuk sebuah dan datang namedHonda pabrik Jepang. Pada bulan Juni 1961, ia menjadi orang pertama dalam sejarah Isle of Man TT untuk memenangkan tiga balapan dalam satu minggu ketika ia menang dalam, 125 cc 250 cc dan 500 cc kategori [3]. Ia kehilangan kesempatan untuk memenangkan sebuah keempat ras ketika 350 nya AJS rusak dengan pin Cudgeon rusak sementara memimpin. Naik empat-stroke, empat-silinder 250 cc Honda, Hailwood memenangkan kejuaraan dunia 1961 250cc [4] Pada tahun 1962, Hailwood ditandatangani dengan MV Agustaand kemudian menjadi pembalap pertama yang memenangkan empat 500cc Kejuaraan Dunia berturut-turut.. [1] [4] Setelah sukses dengan MV Agusta, Hailwood kembali ke Honda dan memenangkan empat gelar dunia yang lebih pada tahun 1966 dan 1967 di 250 cc dan 350 cc kategori. 
Honda RC162 yang ditunggangi oleh Hailwood pada tahun 1961
Mike Hailwood memenangkan 1965 Hutchinson 100 balapan Produksi di balap Silverstone pada ABSA Petir Clubman dalam hujan lebat, mengalahkan Bonnevilles Racing Triumph Tim. The 'Hutch' adalah perlombaan produksi utama dari musim, jadi itu sangat penting untuk manufactureres untuk membangun kepercayaan balap dari jangkauan terbaru mereka. Triumph Bonnevilles yang ditunggangi oleh Juara Dunia Phil Baca dan mantan pembalap karya Percy Tait. BSA Petir Clubmans yang ditunggangi oleh Hailwood (dengan sejumlah besar 1 pada fairing) dan pabrik pembalap Tony Smith. Kondisi yang miskin dan Smith keluar dari balapan di sudut Stowe licin. Dengan kurang memperhatikan hujan, Hailwood itu mencapai lap dari 83 mph (134 km / h) untuk mendirikan memimpin kemenangannya. [5]
Hailwood dikenang karena prestasinya di Isle of Man TT yang terkenal. Pada 1967, ia memenangkan 12 kali di gunung tentu saja pulau. [4] Ia memenangkan apa yang banyak sejarawan anggap sebagai Isle paling dramatis ras Man sepanjang masa, TT 1.967 Senior melawan rival kuatnya, Giacomo Agostini. [1 ] [6] Dalam lomba bahwa ia mencatat rekor lap dari 108,77 mph (175,05 km / jam) pada Honda, terkenal 500-4 yang berdiri selama 8 tahun ke depan [1] [7.]
Pada tahun 1968, Honda menarik diri dari balap Grand Prix, tapi dibayar Hailwood £ 50.000 (setara dengan lebih dari £ 620.000 atau US $ 1.1m pada tahun 2006 harga) tidak naik untuk tim lain, dengan harapan menjaga dia sebagai penunggangnya setelah kembali ke kompetisi. [1] [8] Dengan tidak ada tim balap pabrik lain yang tersedia untuk bersaing dengan MV Agusta, Hailwood memutuskan untuk mengejar karir di balap mobil.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar